Minum Lebih Dari 1 Kaleng Soda Sehari Timbulkan Serangan Jantung - News Today

Breaking

Selasa, 10 September 2019

Minum Lebih Dari 1 Kaleng Soda Sehari Timbulkan Serangan Jantung

News Indonesia - Minuman soda punya kadar gula yang tinggi. Mengonsumsinya terlalu banyak tentu bisa memberikan efek buruk pada tubuh.

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa minum dua minuman soda sehari dapat meningkatkan peluang untuk terkena serangan jantung dan stroke. Studi menunjukkan bahwa mengurangi atau membatasi minuman soda akan mengurangi risiko kematian akibat stroke.

Studi yang berjudul, Asosiasi Antara Konsumsi Minuman Ringan dan Kematian di 10 Negara Eropa ini diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine. Para peneliti melihat data dari 45 ribu orang di 10 negara Eropa, termasuk Inggris di mana 70 persen dari peserta adalah perempuan dan subjek memiliki usia rata-rata lebih dari 50 tahun.

Lihat Juga : Polisi Akui Perluasan Ganjil Genap Buat Efek Balon

Studi ini dilakukan antara tahun 1999 dan 2000 dan ditindaklanjuti selama 16 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, ada 41.600 angka kematian yang tercatat. Peserta menjawab banyak pertanyaan tentang gaya hidup mereka termasuk aktivitas fisik dan olahraga, merokok, berat badan serta tentang diet dan nutrisi mereka. Mereka juga mengungkapkan soal kebiasaan minum minuman bersoda dan minuman berenergi.

Hasil penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi sekitar dua gelas minuman soda per hari lebih rentan terserang penyakit jantung dan stroke ketimbang mereka yang mengonsumsi minuman soda satu gelas per bulan.

Tak hanya soda, tren ini berlaku untuk konsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula maupun dengan pemanis buatan. Studi ini menyimpulkan bahwa konsumsi total minuman ringan yang dimaniskan dengan gula dan pemanis buatan secara positif menjadi pemicu kematian dalam kelompok masyarakat Eropa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar