Ampuh, Ini 12 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung - News Today

Breaking

Kamis, 12 September 2019

Ampuh, Ini 12 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

News Indonesia - Bagi sebagian orang, memiliki jerawat di punggung bisa mengganggu. Meski kondisi tersebut tidak berbahaya, namun berbagai cara menghilangkan jerawat di punggung patut Anda coba, agar kulit dapat kembali sehat.

Tidak berbeda dari jerawat di area kulit lainnya, jerawat di punggung juga muncul akibat penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di kulit, yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Penyumbatan tersebut membuat bakteri berkumpul di bawah kulit, sehingga timbul jerawat.

Selanjutnya, ada baiknya jika Anda mengenali terlebih dahulu penyebab munculnya jerawat di punggung, agar perawatan yang dilakukan dapat lebih efektif dan tepat.

Penyebab punggung berjerawat

Selain karena kotoran, kemunculan jerawat di punggung juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti:

• Genetik
Jika orangtua Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, maka ada kemungkinan Anda juga mengalami hal yang sama.

• Konsumsi obat
Jerawat bisa muncul sebagai efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Antidepresan merupakan salah satu obat yang dapat menimbulkan jerawat.

• Hormon
Ketidakstabilan hormon di tubuh saat masa pubertas, menstruasi, dan kehamilan, bisa menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

• Keringat
Keringat berlebih, terutama jika Anda menggunakan pakaian yang ketat, akan memicu timbulnya jerawat.

• Stres
Meski bukanlah penyebab langsung timbulnya jerawat, stres bisa menjadi faktor yang memengaruhi munculnya jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cara-cara di bawah ini mudah untuk diikuti, dan dinilai efektif untuk mengembalikan kesehatan kulit.

1. Jaga kebersihan tubuh
Keringat dan kotoran yang menumpuk di kulit setelah Anda beraktivitas seharian, dapat memicu timbulnya jerawat. Sehingga, segeralah mandi dan bersihkan tubuh sebelum bakteri berkumpul dan menimbulkan jerawat.

2. Gunakan pakaian yang longgar
Pakaian yang Anda gunakan juga dapat berpengaruh pada pembentukan jerawat di kulit. Oleh karena itu, mengenakan pakaian yang longgar akan mengurangi risiko terbentuknya jerawat di punggung. Dengan begitu, keringat tidak akan terperangkap di dalamnya.

3. Konsumsi makanan bergizi
Sering mengonsumsi makanan tinggi gula bisa memicu kemunculan jerawat di punggung. Untuk mengantisipasi hal tersebut, konsumsilah makanan yang bergizi, seperti buah, sayur, protein rendah lemak, dan biji-bijian.

Lihat Juga : 9 Penyebab Badan Lemas dan Gejala Lain yang Harus Diwaspadai

4. Oleskan tea tree oil
Saat ini, tea tree oil sudah sangat sering digunakan pada produk-produk untuk mengilangkan jerawat. Pasalnya, tanaman yang satu ini mengandung antiinflamasi dann antiseptik yang dipercaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Bersihkan kulit dengan scrub
Membersihkan kulit dengan scrub yang lembut, dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka sumbatan pori-pori.

6. Ikat rambut Anda
Jika memiliki rambut panjang, Anda mungkin tidak menyadari adanya rambut menempel di kulit punggung. Tahukah Anda, jika hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat?

Pasalnya, di rambut ada debu dan kotoran-kotoran yang mungkin menempel ke kulit punggung. Rambut juga mengandung minyak yang dapat memicu jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan obat

Jerawat di punggung yang membandel juga dapat dihilangkan dengan menggunakan produk serta obat yang mengandung bahan-bahan tertentu, seperti berikut ini.

1. Benzoil peroksida
Benzoil peroksida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahan ini umumnya digunakan dalam bentuk sabun. Anda perlu mengaplikasikannya setiap hari secara teratur, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Retinoid
Untuk membantu menghilangkan jerawat di punggung, Anda dapat menggunakan retinoid dalam bentuk gel dengan konsenterasi 0,1%.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda dapat mengombinasikan penggunaannya dengan benzoil peroksida. Gunakan bahan ini setiap hari, setelah mandi atau sebelum tidur.

3. Asam alfa hidroksi
Asam alfa hidroksi dapat mempercepat pergantian sel, sehingga memicu pengelupasan sel-sel kulit mati, dan mengurangi sumbatan pada pori-pori. Anda dapat mencari produk kesehatan kulit yang mengandung asam glikolat dan asam laktat, untuk mendapatkan manfaat tersebut.

4. Antibiotik
Jika jerawat yang dialami cukup parah, maka dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membantu meredakan inflamasi atau peradangan di kulit, dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

5. Pil kontrasepsi
Pil kontrasepsi dapat membantu mengatur hormon dan mengurangi produksi minyak di kulit. Namun, opsi perawatan ini dapat mengganggu siklus ovulasi, dan tidak cocok bagi remaja wanita.

6. Isotretinoin
Isotretinoin adalah obat keras yang perlu dikonsumsi secara teratur selama beberapa bulan hingga tahun. Meski efektif, obat ini berisiko menimbulkan efek samping yang berbahaya, seperti kelainan pada janin.

Sehingga, obat ini tidak cocok digunakan oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

Langkah mudah mencegah munculnya jerawat di punggung

Setelah mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat di atas, tentu Anda tidak ingin jerawat kembali mampir di kulit. Dengan mengikuti langkah di bawah ini, maka munculnya jerawat dapat dicegah.

1.Gunakan pakaian yang longgar saat berolahraga atau berada di cuaca panas, agar keringat tidak menumpuk.
2.Mandi dan bersihkan tubuh setelah berkeringat.
3.Bersihkan kulit dengan pembersih berbahan lembut.
4.Hindari penggunaan produk yang bisa mengiritasi kulit.
5.Jangan menyentuh atau bahkan memecahkan jerawat sendiri.
6.Ganti sarung bantal dan seprai setiap satu minggu sekali.

Selamat mencoba cara menghilangkan jerawat di punggung seperti di atas. Akan lebih baik jika mengonsultasikan kondisi kulit Anda ke dokter spesialis kulit. Jadi, perawatan yang Anda jalani, benar-benar efektif dan sesuai dengan kondisi kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar